0877-5083-9409 (Geri)
0895-1025-1025 (Ghulam)

Cara Tepat Memilih Layar Proyektor

Sabtu, Februari 20th 2016. | Blog

Cara Tepat Memilih Layar Proyektor. Kesempurnaan presentasi memang tidak semata persoalan kemampuan dan kecerdasan seseorang, akan tetapi juga ketepatan perangkat dan perlengkapan yang digunakan. Pilihan yang tepat pada perangkat presentasi akan sangat membantu ketajaman, kemudahan, dan kelancaran presentasi. Pilihan yang tepat pada perangkat itu juga sangat membantu konsentarsi, fokus, dan kepercayaan diri sehingga menjadi mudah dipahami oleh audiens.

Tips Memilih Layar Proyektor

Untuk menjatuhkan pilihan membeli layar proyektor yang tepat, maka Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

Memilih Layar Proyektor yang Permanen atau Portable

Sesuaikan dengan keinginan anda untuk memilih layar proyektor. Anda menginginkan layar proyektor yang hanya dikhususkan pada satu ruangan atau bisa dipindah-pindah. Layar proyektor permanen tentu menjadi sangat rapi dan bersih tampilannya karena dipasang dengan ukuran dan sisi yang seimbang selaras dengan lebar ruangan dan posisi peserta atau audiens.

Layar proyektor permanen juga dapat dipilih sesuai dengan kemudahan teknologi yang ada seperti menggunakan layar proyektor otomatis (motorized). Layar proyektor otomatis memudahkan Anda dalam menggulung atau membuka karena cukup dengan mengoperasikan tombol. Layar permanen motorized ini juga sangat mendukung kesempurnaan interior home theater ataupun tampilan ruang presentasi Anda.

Jika memang kebutuhan layar proyektor anda tidak hanya dalam satu ruangan, maka solusinya adalah memilih layar proyektor model tripod, model fastfold, atau model portable lain. Ketiga model ini berbeda pada bagian penyangganya, sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

Memilih Ukuran yang Tepat

Sesuaikan pilihan dengan ukuran yang tepat, agar penggunaan layar proyektor sesuai dengan spesifikasi proyektor Anda dan ruangan Anda. Untuk menentukan ukuran layar proyektor yang tepat, maka anda dapat memperhatikan pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut:

– Luas Ruangan

Luas Ruangan mempengaruhi pilihan layar proyektor yang tepat. Anda dapat memilih ukuran layar proyektor 1:1 sebagai ukuran standart, atau ukuran 4:3 untuk presentasi dalam ruangan lebih luas atau juga untuk kebutuhan Home Theater pribadi atau TV, atau juga bisa memilih ukuran 16:9 untuk penggunaan HDTV atau layar lebar seperti bioskop.

– Jarak Orang Terdepan

Pada ruangan yang tidak terlalu luas, maka keberadaan kursi atau meja terdepan dan akses pandangan peserta terdekat ke proyektor membutuhkan pertimbangan khusus. Untuk menyiasati hal ini, biasanya orang pada saat pemasangan secara alami melakukan pengukuran manual dengan melihat sisi masing-masing jarak pandang kenyamanan.

Layar terlalu lebar dengan jarak sangat dekat tentu saja sangat tidak nyaman. Ideal dari luas lebar pandang umum kita adalah 1,5 meter di depan layar dengan ketinggian 2 meter. Lebih-lebih jika ruangannya adalah ruang datar, maka proporsikan sebaik mungkin penataan ruangan dengan layar agar semua orang dapat dengan mudah menangkap gambar layar. Jika kondisi demikian, maka gunakan ukuran layar proyektor yang standart saja, yakni 1:1.

Bahan Layar Proyektor

Ketepatan memilih bahan juga menentukan. Untuk menentukan tangkapan sinar proyektor maka gunakan layar proyektot tipe D (Diffuse) untuk ruangan yang agak gelap. Jika terletak pada ruangan yang terang, maka gunakan layar proyektor tipe S (Specular).

Jenis Proyektor

Jika Anda telah mempunyai proyektor, maka sesuaikan ukuran layar dengan kapasitas dan spesifikasi proyektor yang ada. Layar proyektor yang kami bahas di atas adalah untuk kebutuhan presentasi, home theater, untuk penggunaan TV atau HDTV. Jadi pembahasan berbeda jika proyektor yang Anda miliki adalah jenis proyektor yang mampu menampilkan gambar 3D. Untuk mempermudah pertimbangan Anda, jangan sungkan untuk melakukan konsultasi pada toko tempat Anda membeli layar proyektor.

tags: , , , , , ,

Artikel lain Cara Tepat Memilih Layar Proyektor